MACAM-MACAM OPERATOR JAVA

Posted: Juli 25, 2012 in Dasar-dasar Pemrograman

Sekarang kita akan belajar mengenai Operator apa saja yang ada di dalam bahasa java. Ingat, dalam bahasa pemrogramman selalu ada manipuasli terhadap variabel-variabel yang kita definisikan. Manipulasi variabel dan alur program sangat ditentukan oleh operator.

Operator berfungsi untuk mengoperasikan (memanipulasi, mengolah) satu atau lebih variabel. Variabel yang dioperasikan disebut operand.

Secara garis besar operator dalam java bisa dikelompokkan menjadi :

1. Operator assignment

2. Operator aritmatika

3. Operator unary

4. Operator equality

5. Operator kondisional

6. Operator komparasi

7. Operator bitwise

 

1. Operator assigment adalah tanda = (sama dengan), berguna untuk memberi literal pada suatu variabel tertentu.

2. Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika (perhitungan). Operator ini ada lima macam yaitu :

– Operator penambahan (+)

– Operator penguranan (-)

– Operator perkalian (*)

– Operator pembagian (/)

– Operator sisa – mod (%).

Operator penjumlahan (+) bisa juga diterapkan pada objek          string (seperti pada contoh penjelasan kelas String).

3. Operator unary meliputi operator unary positif (+) untuk menandakan suatu bilangan positif (setiap bilangan tanpa tanda negatif, berarti termasuk bilangan positif). Operator unary negatif (-) untuk menandakan suatu bilangan negatif. Operator unary increment (++), berguna menambah menambah literal bilangan dengan literal bilangan satu. Operator unary decrement (–), berguna mengurangi literal bilangan dengan bilangan satu. Dan operator unary komplemen logika (!), berguna untuk mengkomplemenkan suatu logika yang bernilai true atau false.

4. Operator equality digunakan untuk membandingkan dua variabel, apakah nilainya sama, lebih besar, lebih kecil, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil atau sama dengan dan tidak sama dengan.

Operator-operator tersebut adalah sebagai berikut :

== sama dengan

> lebih besar

< lebih kecil

>= lebih besar atau sama dengan

<= lebih kecil atau sama dengan

!= tidak sama dengan

5. Operator kondisional digunakan pada dua atau lebih ekspresi boolean. Operator ini terdiri dari operator kondisional AND (&&) dan operator kondisional OR (||). Selain itu ada juga operator kondisional and (&) dan operator kondisional or (|). Bedanya pada operasional kondisional && dan || jika ekspresi sudah memenuhi syarat, ekspresi setelahnya tidak dicek, sedangkan pada operator kondisional & dan | akan mengecek seluruh ekspresi.

6. Operator komparasi digunakan untuk mengecek apakah suatu objek merupakan instance dari suatu kelas tertentu. Operator komparasi adalah operator instanceof. Jika suatu objek yang kita tes merupakan instance dari suatu kelas yang kita tentukan, ekspresi ini bernilai true, false jika sebaliknya. Berikut contoh sederhana pemakaian operator komparasi.

 

contoh koding

MACAM-MACAM OPERATOR JAVA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s